Pages

Ads 468x60px

bintang

Jumat, 29 November 2013

Apa itu Syahadat dalam Agama Islam

Kalimat syahadat adalah bentuk ikrar seorang muslim dan pintu gerbang ke dalam Islam. Makna kalimat syahadat luas dan sangat berat, karena tidak hanya berhenti diucapkan di mulut, namun harus diikuti oleh hati dan amal perbuatan.

Di dalam kalimat syahadat disebutkan,
Asyhadu alla ilaha ilallah, wa asyhadu anna Muhammadur Rasulullah. Dilihat dari makna kalimat tersebut terdapat dua pengertian penting, yakni: Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah, kecuali Allah SWT. dan Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah.
Syahadat sebagai rukun Islam pertama
Mengucapkan syahadat merupakan rukun Islam pertama yang menjadi landasan bagi rukun-rukun berikutnya. Seseorang baru disebut sebagai muslim apabila sudah mengucapkan kalimat syahadat. Pengucapan syahadat dapat diajarkan dari masa kanak-kanak apabila mereka memang tumbuh besar di lingkungan atau keluarga Islam, dan dijadikan ikrar untuk menjalankan kewajiban sebagai muslim. Sedangkan seseorang yang masuk agama Islam setelah dewasa, atau dikenal dengan istilah mualaf perlu menyebutkan ikrar syahadat ini di hadapan para saksi.
Pengertian kalimat syahadat
Syahadat merupakan sebuah ikrar : Sebagai sebuah ikrar (al iqrar), yaitu pernyataan seorang muslim tentang sesuatu yang diyakini. Hasilnya berupa kewajiban untuk menegakkan dan memperjuangkan (Q.S. 3:18). Demikian juga menjadi pernyataan tidak ada Tuhan melainkan Allah, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (Q.S. 7:172).
Syahadat merupakan sumpah : Seseorang yang menjadi muslim dan bersaksi dengan syahadat ini berarti bersumpah (Al qasam) menyatakan bersedia menerima semua akibat dan resiko dalam mengamalkannya. Dalam kaitan ini tanggung jawab seorang muslim terhadap tegaknya Islam dan menegakkan ajaran Islam itu sendiri.
Syahadat sebagai perjanjian yang teguh : Janji teguh (al mitsaq) ini berupa kesetiaan mendengar dan taat pada semua keadaan akan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya dengan rujukan Al Quran dan sunnah rasul.
Pelaksanaan ikrar syahadat : Walaupun tidak disyaratkan secara khusus, ikrar syahadat biasanya dilakukan di dalam masjid dengan dipandu oleh imam dan disaksikan jamaah.

http://mualaf.com/index.php/syahadat/item/465-apa-itu-syahadat-dalam-agama-islam

0 komentar:

Posting Komentar